Tips Atasi Android Lemot

Android Menjadi Lemot atau Lag coba simak beberapa tips berikut ini :


Memori Internal dan RAM pada smartphone android bervariasi bergantung kepada harga tentunya, namun besarnya Memori Internal dan RAM ponsel android anda tidak menjamin smartphone anda bebas dari yang nama nya lemot atau lag, lantas apa saja kiat-kiat yang harus dilakukan untuk mengatasinya ?


Kebiasaan Menggunakan Aplikasi Social Media


Menurut data google pengguna social media di indonesia hampir 80% dari total warga net pada tahun 2017, ini juga sejalan dengan berkembang pesat nya laju bisnis internet di Indonesia serta mudah tersebarnya berita hoax di Internet menjadi semakin mudah, lalu apa hubunganya antara Kebiasaan Menggunakan Aplikasi Social Media dengan lag atau Lemotnya Smartphonne anda Aplikasi-aplikasi social media paling banyak menyimpan cache di penyimpanan internal smartphone anda dan memakan RAM juga lumayan tidak sedikit. itulah alasan mengapa para pengembang aplikasi android meluncurkan versi lite dari semua aplikasi, untuk mengurangi lag atau lemot pada smartphone android meskipun dengan catatan banyaknya fitur-fitur yang dikurangi dalam aplikasi berlabel versi lite tersebut.


Tidak Pernah Membuat Cadangan Berkas Media


Apa yang dimaksud berkas media ? Berkas media adalah berkas-berkas yang bersifat non-system dan biasanya berupa Berkas musik (mp3, ogg, m4a, wav), Video (3gp, mp4, mkv, flv, av1), Gambar (jpg, jpeg, png, gif, tiff, svg, bmp dll). anda sering menghiraukan bekas-bekas unduhan maupun berbagi dengan teman-teman mengenai berkas-berkas semacam ini, namun lama-kelamaan berkaspun akan menumpuk memenuhi Internal Memory anda jika anda tidak pernah Mengontrolnya secara rutin, karena memang pada dasarnya android secara bawaaan menyimpan semua berkas cache maupun media di Internal memory, jadi sebisa mungkin luangkan untuk mencadangkan data anda ke server maupun ke external sdcard karena banyak kejadian smartphone brick gara-gara rusaknya eMMC/ internal memory, padahal smartphone tersebut bukan type low-end


Seringnya Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah


Padahal aplikasi jenis ini nggak ada gunannya sama sekali hanya membebani RAM smartphone dan melakukan junk notifikasi dab beriklan pula dalam smartphone, pembersihan pun kurang dari kata cukup, saran saya jangan memasang aplikasi semacam ini, dan jangan suka melakukan hal-hal instant


Memaksakan Penggunaan Game lebih dari Satu

Ya kebanyakan kasus ya seperti ini memaksakan banyak game dipasang pada satu perangkat, sedangkan perangkat android tersebut tidak memadai. Kita sebaiknya bertanya kepada diri kita sendiri jika menemukan hal seperti ini.

Adanya Bug Saat Update Software

Hal ini jarang terjadi, tapi jika terjadi biasanya memori penyimpanan internal akan habis terkuras pasca update, lantas bagaimana menanganinya ? anda dapat menurunkan versi android anda ke versi lama dengan melakukan flashing firmware bawaan ponsel masing-masing.

Next Post